Jumat, 19 April 2013

KETAPANG NEVER DIE



Plis deh, ngga usah mikir macem-macem kalo denger soal pohon ketapang.  Ngga usah mikir dari mana asalnya, apa bahasa latin-nya, ato bagemana cara perkembang biakannya.  Suer, itu semua lebay tralala coy.
Kalo ente ngaku mahluk Zoox, tapi ngga tau pohon ketapang, .......ter...la..luu.  (and cupu).

Sejatinya, pohon ketapang ampir identik sama Fak. Perikanan & Kelautan Unsrat.  Tempat di mana ribuan mahluk mulai menapaki identitas kemahlukannya (halah,..), menyesali kegaridaan-nya, serta mempersiapkan berbagai strategi jitu di sel-sel neuron-nya untuk ke depan.

Walau ketapang di FPIK ngga di tanam sejak masa keemasan Kesultanan Kutai kertanegara, toh sejarah FPIK ngga bisa lepas dari kilasan nostalgia yang pernah melintas di sana.
Hussh,..ini bukan ketapang.  Ini salah 2 sempalan
(kalo salah 1 ntar yg 1 protes...hehe)

Entah berapa juta liter cap tikus pernah beruaya dari kerongkongan hingga lambung para mahluk yang mungkin saat ini udah nyandang gelar Prof, Dr, Phd, Msi, MSc, ato alm.
New Era Generation

Ato udah berapa generasi bocah-bocah imut yang lahir bermula dari rayuan manis calon bokap ke calon nyokapnya di bawah sepoi-sepoi ketapang.    

Malah mungkin ada beberapa keluarga yang terpaksa ‘broken’ karena konspirasi manis yg sekarang kita sebut selingkuh.  Only God and ketapang knows.
Chef master from the jungle nyicipin masakannya bareng2

Uniknya, walau ketapang tak lekang di makan waktu, toh tetap aja ngga pernah di bikin judul skripsi.  Apalagi diajak ujian skripsi.....hehehe....nambah biaya beli kukis coy.

Emang sich gue ngga pernah tau, tapi gue rasa belom ada deh judul skripsi calon S1 FPIK yang melibatkan ketapang.  Misalnya,

“Pengaruh Pellet Biji Pepaya dan Kerimbunan Ketapang Pada Pertumbuhan  Kepiting Bakau”

Ato begini: “Analisa Produktifitas Alat Tangkap Ikan Demersal Dikaitkan Dengan Ukuran Daun Ketapang”

Ato juga “Pengaruh Penambahan Garam Dan Juice Daun Ketapang Pada Pertumbuhan Bakteri Stapylococcus Aureus”……………..wkwkwkwk……..gue yakin kening-kening nci dan mner bakalan mengkerut, terus melotot ke anak bimbing, sambil ngomong: “Seno stou ngana…” 

=========

Ngomong ketapang di FPIK, berarti juga ngomong soal Opspek (masih gitu toh istilahnya ?).  Sebuah games yang sama sekali beda sama nintendo, Naruto, ato Texas HoldEm Poker.  Opspek bisa dibilangajang tebar pesona’ terselubung  buat ngincer mahluk-mahluk/berondong manis bakal calon gebetan.

Cowok yang biasa males kuliah, tiba-tiba udah nangkring di fakultas jam 5 pagi.  Udah mandi and harum.  Padahal hari-hari biasa, untung-untungan kalo seminggu 3x mandi.  Paling banter jurus 2 jari: Colok di air, usapin diujung mata yang belekan, kumur 4x, cabut ke kampus dengan rokok di bibir.  Usut punya usut lagi ngincer Wawu imut yang semanis tebu dari Manganitu.
(wajar dong kalo cowok nguber Wawu,..masa nguber  Hawe’.....jeyuk maem jeyuk dong)

Walau ketapang engga se-sexy dan se-exotis Uli Auliani, toh kontribusinya terbilang ma’nyos buat neduhin kepala-kepala yang panas lantaran matematika, statistika, and fisika.  Cuman ya gitu deh, ketapang tetep aja sebuah pohon, bukan mata kuliah olah raga air yang slalu di rindukan kaum pria, lantaran parade paha mulus gratis yang menyehatkan mata......wkwkwkw.....preeet,..aduh, entut.

Ketapang juga tetap ngga di ajak jalan sehat bareng Rektor Unsrat waktu Dies Natalis FPIK ke-47......

Sob, ketapang emang ngga bisa di pisahin dari rentetan kisah FPIK.  Terlalu banyak noktah manis yang ngga bisa di abaikan begitu aja.  MPA Zooxanthellae salah satunya.

And sebuah kilatan kerinduan berkelebat di ubun-ubun gue waktu milih judul ini:  Sejarah Zoox.  Ya,...kenapa kita ngga coba bikin buku khusus yang memuat sejarah Zooxanthellae dengan semua aktifitasnya ?  Buku sederhana ber-cover keren hasil karya kita semua.  Dari kita, oleh kita, dan untuk kita semua.

Akhirnya, sama deng katapang yang selalu exist di FPIK, alias ketapang never die, gue berharap hal yang sama buat MPA. Zoox’

Mungkin ini panggilan, sekaligus tantangan buat panitia Dikdas (khususnya), dan semua mahluk ber-slayer MPA. ZOOXANTHELLAE

TITI.......TATA.......TUNTAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar